Training dan Diskusi Online untuk After Sales Moisture Analyzer pada industri Makanan dan Minuman

 

Air merupakan komponen penting yang menyusun suatu bahan pangan. Keberadaan air akan mempengaruhi, kenampakan, kesegaran, tekstur, serta cita rasa dari bahan pangan tersebut. Pada suatu bahan pangan terdapat tiga macam kandungan air, yaitu air bebas, air terikat lemah dan air terikat kuat. Sangat penting untuk mengetahui karakter dari kandungan air dalam sample yang akan di uji karna hal ini akan mempengaruhi seberapa lama pengeringan yang diperlukan. Tingkat kandungan air bebas yang tinggi pada bahan pangan pada umumnya akan berdampak cepatnya bahan pangan mengalami kerusakan.
 
Metode pengeringan atau metode oven biasa merupakan suatu metode untuk mengeluarkan atau menghilangkan sebagian air suatu bahan dengan cara menguapkan air tersebut dengan menggunakan energi panas. Prinseip dari metode oven pengering adalah bahwa air yang terkandung dalam suatu bahan akan menguap bila bahan tersebut dipanaskan pada suhu 105 °C selama waktu tertentu. Pengukuran kadari air dengan menggunakan oven akan memberikan hasil akurat, namun membutuhkan waktu yang relative lama yaitu sekitar 3.5 jam. Hal ini tentunya kurang efektif bagi industri pangan, mengingat jumlah sampel tiap batch.
Seiring perkembangan teknologi penentuan kadar air dapat dilakukan dengan alat Moisture Analyzer dengan memanfaatkan halogen sebagai sumber panas. Halogen memiliki beberapa kelebihan yaitu waktu pengujian yang lebih cepat.
Link brosur Moisture Analyzer dengan teknologi Halogen :
https://bit.ly/MT_HE53_73
http://bit.ly/MT_HC103
 
Selain membantu customer untuk memilih peralatan yang sesuai dengan kebutuhan, PT. Almega Sejahtera senantiasa memberikan pelayanan After Sales untuk customer baik memberikan training, diskusi metoda dan hal lainnya yang diperlukan.
 
Informasi lebih lanjut hub marketing@almega.co.id